Pemrograman | Error Code | be a true student

Pages

Subscribe:
No.ProdukBeli
1. Beli... klik di sini

Jumat, 03 Februari 2012

Pemrograman

saya pertama masuk di PTIK, waktu itu saya sangat berambisi sekali karena saya sangat ingin belajar pemrograman, sejak dulu saya belajar pemrograman namun secara otodidak. berhubung keterbatasan fasilitas saya menjadi kurang dapat memahami tentang itu. dan kemudian di PTIK inilah saya mulai mengenal teori dasar algoritma pemrograman. di sini saya belajar dasar dasar tenteng pemrograman mengunakan bahasa c. bahasa c merupaka bahasa yang serbaguna. yang menurut saya lebih rumit di bandingkan dengan bahasa yang lain namun dengan belajar tahap demi tahap pasti bisa. bahasa ini di rancang oleh Dennis Ritchie di Belll Laboratories pada tahun 1972. kemudian pada sekitar tahun 1989 oleh ANSI(American National Standard Institute) dan juga disetujui oleh ISO (International Standart Organization) sebagai ANSI C.

memrogram menurut saya merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dan membutuhkan logika yang tajam. karena kita mengkonversi apa yang ingin kita lakukan sehingga dapat di lakukan dengan menggunakan komputer, seperti memecahkan teka- teki.misalnya jika kita ingin membuat inputan yang berisi string dan kemudian di simpan dalam bentuk file serta dapat di tampilkan lagi ke layar komputer, maka kita harus memahami bagaimana alur dari jalannya program tersebut. kemudian jalannya program itu kita konversi dalam bentuk kode atau bahasa yang nantinya akan di mengerti oleh komputer. program yang baik adalam program yang benar secara logika dan koding.

pengalaman saya selama di semester satu ini adalah betapa sulitnya belajar pemrograman, sulit bukannya tidak dapat dipelajari, semakin kita merasakan sulitnya untuk memrogrram, diri kita akan merasakn nikmatnya jika kita bisa memrogram apalagi ketika kita membuat program dan program tersebut dapat di jalankan itu membuat saya mempunyai kebanggaan tersendiri. di samping itu orang yang sering memrogram dapat meningkatkan logika kita. rata-rata seorang pemrogram mempunyai iq di atas rata-rata. karena seorang programer itu berfikir menemukan solusi teka teki. sudah saya katakan di depan bahwa memrogram itu seperti bermain teke teki. semakin kita rajin untuk belajar koding semakin kita mahir akan membuat program.

selain bahasa c masih terdapat banyak lagi bahasa pemrograman yang dapat kita pelajari misalnya c++, Java, PHP, VB, Pascal dll. butuh minimal 3 tahun untuk belajar sampae ke tingkat expert untuk menguasai 1 bahasa. c++ merupan pengembangan dari c, javascript juga merupakan perkembangan dari C++. namun java script biasanya di sematkan kedalam bahasa HTML yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi web base yang sekarang semakin populer could computing, yang mengharuskan pembuatan aplikasi web base.

jika kalian ingin mempelajari bahasa pemrograman, kalian harus punya komitmen untuk bersungguh, karena belajar pemrograman bukan seperti belajar ilmu sosial.karena komputer berjalan itu berdasarkan logika-logika yang terintegrasi dengan sangat terstruktur. yang saya lakukan adalah biasanya menyendiri di dalam kamar dengan bekerja di hadapan komputer dan berusaha untuk belajar mengkoding.

berikut adalah kiat kiat untuk memulai belajar pemrograman C dan C++, kiat berikut ini saya tulis dari pengalaman saya sendiri setelah satu semester di PTIK :


  • BERKOMITEMEN

kenapa saya bilang berkomitmen, karena hanya orang yang mempunyai komitmenlah yang akan dapat memahami materi dengan baik. hanya dengan berkomitmenlah kalian akan mempermudah dri kalian dalam belajar. komitmen sangatlah berbeda dengan orang yang hanya ingin. orang yang berkmitmen selalu melakukan apa saja yang perlu dilakukan sedangkan orang yang hanya ingin selalau melakukan apa saja yang mereka inginkan. jika kita telah berkomitmen untuk mempelajari bahasa pemrograman dan algoritmanya insyaalah kita akan di beri kemudahan. karena memrogram memerlukan kesabaran dan konsentrasi tingkat tinggi. ketika kita telah berkomitmen maka kita akan dapat melewati segala yang terjadi pada saat kita belajar.


  • KUMPULKAN MATERI

dengan mengumpulkan berbagai materi kita akan dapat belajar dengan baik. setelah materi terkumpul carilah seorang tutor yang bisa kita tanyai ataupun kita ajak diskusi. materi di internet sudah melimpah ruah baik itu berbentuk file video, e-book ataupun dalan berbagai bentuk file yang lain. kalau saran saya lebih baik mencari tutorial dalam bentuk video, menurut saya tutorial dalam bentuk video itu jauh lebih meudah di pahami dari pada kita membaca ebook. kemudian untuk tutor juga banyak di internet yang dapat kita jadikan tutor. misalnya untuk bahasa c kita bisa dapat di cprograming.com, di situs ini juga saya menyediakan beberapa e-book yang berguna untuk belajar pemrograman ataupun yang mencari referensi untuk membuat makalah atau program.


  • PRAKTIK

jika kita hanya mempelajari teorinya saja tanpa memraktikkannya kita akan sulit untuk bisa mahir. untuk itu jika kita mendapatkan materi langsung kita praktikkan. komputer kita tidak akan meledak kalo kita memraktikkannya. so let's practice. karena ilmu itu akan jadi bermanfaat kalao kita lakukan.


  • RASA INGIN TAHU

rasa ingin tahu yang tinggi akan membawa kita untuk selalu ingin tahu hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. atau hal yang sudah kita ketahui namun kita belum bisa menemukan solusinya ataupun definisinya. jadi rasa ingin tahu kita akan membantu kita untuk mendorong diri kita untuk mencari definisi ataupun implementasinya. misalnya kita pernah mendengar tipe data tapi kita belum tahu definisi tipe data itu apa, macam2 tipe data itu apa saja.


  • SABAR DAN ISTIQOMAH

kesabarn tingkat tinggi sangat di perlukan jika kita tengah memrogram, kadang kita menemukan error pada program yang kita buat. nah tugas kita adalah untuk mencari penyebab yang menyebabkan error. misalnya kita sudah mengetikkan banyak kode sampai beberapa baris, setelah di kompil ternyata terdapar error nah itu yang sering terjadi ketika tengah memrogam. ada lagi yang satu yaitu bug. ketika program yang kita buat memiliki banyak bug kita terkadang akan merasa jengkel sendiri dengan hal tersebut. misalnya program yang kita buat sudah berhasil di kompil dan berjalan dengan baik namun setelah di lakukan beberapa kali percobaan ternyata ada beberapa bug yang kita tidak tahu dimana letak kesalahannya nah untuk itu kita perlu yang namanya debugger yang fungsinya adalah untuk mengetahui dimana letak kesalahan program yang telah kita buat.

UNTUK MENDOWNLOAD CODEBLOCKS KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar