Pengantar Matematika Diskrit | Error Code | be a true student

Pages

Subscribe:
No.ProdukBeli
1. Beli... klik di sini

Selasa, 06 Maret 2012

Pengantar Matematika Diskrit

kuliah hari ini adalah matematika diskrit dosennya masih sama kayak dulu di semester 1 yaitu bpk said sunardiyo. hari tidak membahas lebih jauh, matakuliah ini 3sks namun tadi adalah mungkin pertemuan pertama jadi hanya satujam kita berada di ruang kelas

well. . . hari ini kita di kasih apa yang kita akan pelajari selama satu semester ini. berikut adalah judul materinya :
  1. Logika
  2. Aljabar Boole
  3. Kalimat Berkuantor
  4. Metode Pembuktian 
  5. Induksi Matematika
  6. Kombinatorika
  7. Teori Graf
  8. Relasi
  9. Fungsi
sumber rujukan boleh dari mana saja yang di rekomendasikan adalah buku "Matematika Diskrit dalam Ilmu Komputer" Penerbit : Andi Jogjakarta dan " Advanced Engineering Mathematics " Wiley International.

untuk penilaian masih sama seperti semester satu yaitu dari tugas,resume, ulangan harian, UTS, UAS, Kehadiran 75%
dan untuk pemanasan kita tadi sempet di kasih sesuatu yah (*sesuatu) yah itu membuat kita semua mikir untuk menemukan sesuatu itu hehe . . .

well . . . ini dia sesuatunya yaitu kita di kasih soal tentang logika. soalnya sperti ini 
"terdapat 3 kaleng kaleng yang pertama berisi minyak sebanyak 8 lt dan kaleng yang kedua adalah kaleng kosong yang masing-masing hanya mampu menampung 5 lt dan 3 lt. tugas kita adalah bagaimana kita dapat membagi 8 lt minyak tersebut menjadi 2 bagian yaitu masing2 4 lt dengan menggunakan ketiga kaelng tersebut !!"

jawab : jawabanya adalah seperti ini " kan terdapat 3 buah kaleng katakanlah kaleng A, B, C. Nah kaleng yang A adalah kaleng yang berisi 8liter dan kaleng B dan C adalah kaleng kosong yang memiliki kapasitas 5lt dan 3lt. Nah caranya sudah ketemu yaitu adalah begini kita menuangkan kaleng A yang berisi 8lt ke kaleng B sehingga di kaleng A tersisa 3 liter analoginya 8-5=3. kemudian kaleng B yang berisi 5liter kite tuangkan lagi ke kaleng C sehingga kaleng B masih tersisa 2 liter karena kaleng C memiliki kapasitas cuma 3lt jadi analoginya 5-3=2. selanjutnya kita tuangkan lagi kaleng C yang sudah berisi 3lt tadi ke kaleng A yang tadi masih tersisa 3lt jadi sekarang kaleng A menjadi 3+3=6 lt. setelah itu kita tuangkan kaleng B yang isinya 2 liter ke kaleng C yang baru saja kita tuangkan ke kaleng A, sehingga kaleng C menjadi terisi sebanyak 2lt. kemudian kita kembali menuangkan kaleng A yang berisi 6 lt tadi ke kaleng B yang kosong sehingga kaleng A menjadi hanya 1lt dan kaleng B menjadi full 5 lt. setelah itu kita tuangkan kaleng B yang berisi 5lt ke dalam kaleng  C yang berisi minyak 2lt tadi sehingga menjadi 3lt karna hanya mampu menampung 3 lt dan ini mengakibatkan kaleng B menjadi 4 lt. nah sekarang kita tuangkan kaleng C ke kaleng A yang tadi masih tersisa 1 lt sehingga sekarang sudah menjadi sama dan terbagi menjadi masing masing 4ltr. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar