Array : Jobsheet 1 | Error Code | be a true student

Pages

Subscribe:
No.ProdukBeli
1. Beli... klik di sini

Senin, 23 Juli 2012

Array : Jobsheet 1

ARRAY

Wah sudah lama gak ngisi blog karena sibuk ngurusi tugas2 kuliah, oke sekarang kita akan belajar struktur data. materi pertama adalah tentang alokasi memori menggunakan array dalam Bahasa C. selain alokasi memori dengan menggunakan array kita nanti akan belajar juga mengenai linked list dan lain lain oke cek it out. . . !!

Array adalah suatu tipe data terstruktur yang berupa sejumlah data sejenis (bertipe data sama) yang jumlahnya tetap dan diberi suatu nama tertentu. Array dapat berupa array 1 dimensi, 2 dimensi, bahkan n-dimensi.
DEKLARASI :

tipe_data nama_var_array [ukuran];
tipe_data : menyatakan jenis tipe data elemen larik (int, char, float, dll) nama_var_array : menyatakan nama variabel yang dipakai.
ukuran : menunjukkan jumlah maksimal elemen larik. 

contoh :
  1. int nilai [10];

INISIALISASI ARRAY

Menginisialisasi Array adalah memberi nilai awal pada saat di definisikan. Kita juga dapat memberi nilai secara dinamis pada saat program berjalan, namun yang menjadi kekurangan dari array adalah dia memiliki alokasi memori yang statis, jadi alokasi memorinya hanya sebesar yang kita berikan pada saat deklarasi di atas.

Pada contoh di atas kita dapat melihat bahwa besar indeks yang kita berikan adalah 10 dan bertipe integer. Ini artinya data yang dapat tersimpan dalam variabel tersebut adalah bertipe integer dan sebanya 10 data.

contoh :
  1. int nilai [10] = { 1,3,6,8,5,4,12,10,9,11 };

Contoh di atas adalah berarti kita memberikan tempat sebanya 10 tempat dalam memory komputer. array tersebut memiliki indeks 0-9. dimana indeks 0 berisi data 1, indeks ke 1 berisi data 3, indeks ke 2 berisi data 6 dan seterusnya, serta karena kita mendeklarasikan dengan "int" maka array tersebut bertipe integer

PENGAKSESAN NILAI DALAM ARRAY

Pengaksesan nilai yang tersimpan dalam array adalah sama dengan pada proses pengisian, yang membedakan adalah kita menampilkan isi dari indeks array tertentu.

Caranya adalah sebagai berikut :
  1. nama_var_array [indeks];

pengaksesan nilai yang tersimpan dalam indeks dapat dilakukan dengan cara berurutan atau random tergantung yang diinginkan.

Contoh pengisian dan pengaksesan array secara dinamis ditunjukkan pada source code berikut :
  1. #include <stdio.h>
  2. #include <stdlib.h>
  3. int main(){
  4. int awal,i;
  5. int nilai[1000];
  6. printf("Berapa data yang akan anda masukkan : ");
  7. scanf("%d",&awal);
  8. for(i=0;i<awal;i++){
  9. system("cls");
  10. printf("Masukkan data ke %d: ",i+1);
  11. scanf("%d",&nilai[i]);
  12. }
  13. system("cls");
  14. for(i=0;i<awal;i++){
  15. printf("Data indeks ke %d adalah %d \n",i,nilai[i]);
  16. }
  17. return 0
  18. }


Password : ptik2012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar