MEMBUAT APLIKASI DENGAN GUI MATLAB (GUI BUILDER) | Error Code | be a true student

Pages

Subscribe:
No.ProdukBeli
1. Beli... klik di sini

Rabu, 02 Januari 2013

MEMBUAT APLIKASI DENGAN GUI MATLAB (GUI BUILDER)


Bismillah, Assalamualaikum . .
Berikut ini adalah akan saya bahas mengenai hasil praktikum pengolahan sinyal digital pada pukul 15.00 tanggal 13-November-2012. Pada praktikum kali ini adalah mencoba untuk membuat GUI di MATLAB menggunakan GUIDE (GUI Builder). Dengan harapan ketika sebuah program dibuat GUI (Graphical User Interface) lebih mudah dipelajari dan digunakan, karena user tidak tahu apa yang sebenarnya program ini lakukan ketika program ini deksekusi. Dengan GUI ini akan mempermudah orang lain dalam menggunakan aplikasi buatan kita, sedangkan pada tahap pembuatannya yang lumayan susah. GUIDE atau GUI builder merupakan sebuah graphical user interface (GUI) yang dibangun dengan
obyek grafik seperti tombol (button), kotak teks, slider, menu dan lain-lain.
Pada kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi dari matlab untuk penghitungan sinyal sinus dan cosinus. Dimana program ini akan menghitung dan menampilkan hasil representasi dari sinyal sinus dan cosinus yang dihasilkan dalam bentuk gelombang.
langkahnya adalah sebagai berikut ini :
1. Untuk memulainya ada 2 cara , yang pertama menggunakan command line dengan mengetikkan >> guide, yang kedua dengan mengklik tombol Start Matlab -> Matlab -> GUIDE (GUI Builder).
Gambar sisip 1
Gambar 1. GUIDE Quick Start
GUIDE Quick Start memiliki dua buah pilihan, yaitu Create New GUI dan Open Existing GUI. Create New GUI digunakan jika kita memang belum pernah membuat aplikasi GUI Matlab atau jika kita memang ingin membuat sebuah figure baru, sedangkan Open Existing GUI digunakan jika kita akan memodifikasi file figure yang telah kita simpan atau sudah kita buat sebelumnya.
Kemudian jika kita memilih Creat New GUI maka kita akan diberikan suatu halaman untuk membuat tampilan dari program yang akan kita buat. Yang nantinya akan tampil seperti berikut ini
Gambar sisip 7
Gambar 2. Tampilan Menu bar
Di atas merupakan menu-menu utama yang nantinya kita gunakan untuk membuat program berbasis GUI dari matlab. Alignment tool digunakan untuk mengatur posisi dari menu menu yang telah kita buat agar terlihat rapi dan sejajar. Component Pallete digunakan untuk membuat tampilan menu pada program yang kita akan buat. Layout Editor digunakan untuk lembar kerja kita membuat tampilan program kita. Menu Editor digunakan untuk mengedit menu program kita. M-file Editor digunakan untuk mengedit program melalui source code program yang sedang dibuat. Property Inspector menu yang digunakan untuk mengatur properti dari masing-masing kontrol. Run digunakan untuk mengeksekusi program atau menjalankan program yang sedang kita buat.
Gambar sisip 3
Gambar 3. Menu Pallete
Menu pallete diatas kegunannya untuk membuat menu-menu dalam program matlab yang kita buat. Yang pertama ada Push Button digunakan untuk membuat menu yang berfungsi sebaga tombol atau switch. Radio Buttondigunakan untuk membuat menu yang hanya dipilih salah satu menu saja. Edit Text digunakan untuk membuat menu yang digunakan untuk menerima inputan dari user dalam artian dapat diubah oleh user. Slider merupakan menu yang digunakan untuk membuat inputan bukan dari keyboard tapi dari pergeseran, menggesernya hanya dapat dua arah yaitu vertical dan horizontal. Group Menu / list Box adalah menu yang digunakan untuk mengelompokkan menu dalam satu frame pada keselurruhan menu. Axes digunakan untuk menampilkan sebuah grafik atau gambar (image). Axes sebenarnya tidak masuk dalam UIControl, tetapi axes dapat diprogram agar pemakai dapat
berinteraksi dengan axes dan obyek grafik yang ditampilkan melalui axes. Toggle Button hampir sama dengan push button yang membedakan adalah jika kita menggunakan push button maka ketika di klik tombol akan kembali kesemula pada Toggle Button ini dia tidak akan kebal kebentuk semula. Check Box digunakan untuk membuat menu pilihan yang dapat dipilih lebih dari satu. Static Text kegunaanya adalah untuk memberi label pada menu tertentu. Frame merupakan kotak yang digunakan untuk mengelompokkan kontrol-kontrol dari semua program kita. Popup Menu digunakan untuk Popop menu berguna menampilkan daftar pilihan yang didefinisikan pada String Propoerty ketika mengklik tanda panah pada aplikasi dan memiliki fungsi yang sama seperti radio button.
2. Setelah kita mengetahi dasarny kemudian kita mencoba untuk membuat program kita. Caranya adalah Seperti yang pertama ketikkan di command linde >> guide [enter]. Kemudian buat halaman kerja baru dan di save dengan nama Program GUI pertama.
a. Mendesain figure menuPada desain ini kita membuat sutu program kontrol-kontrol yang dibutuhkan itu apa saja. Pada program yang akan kita buat adalah kita membutuhkan input berupa pilihan sinus ataupun cosinus, inputan amplitudo, frekuensi, dan fasa. Serta 3 buath tombol untuk untuk kontrol program dan satu buah axes untuk menampilkan representasi berupa gambar grafik. Dari kontrol-kontrol yang dibutuhkan kita membutuhkan 2 buah radio button, 3 buahEdit text untuk menerima inputan Amplitudo, Frekuensi, dan fasa, 3 buah Push Button, 1 buah axes untuk tampilan, 1 buah Button Group. Untuk desain saya adalah seperti berikut
Gambar sisip 4
Gambar 4. Desain tampilan program
b. Mengatur property masing-masing kontrolSetelah kita mendesain tampilan menunya kita atur masing-masing kontrol dengan menggunakan property inspector.
Komponen
Property Inspector
Font Size
String
Tag
Radio Button112Sinussinus
Radio button 212Cosinuscosinus
Edit text 112nulledit1
Edit text 212nulledit2
Edit text 312nulledit3
push button112ExecuteExecuteProgram
push button212Resetreset
push button312QuitExit
axes  axes1
c. Mengatur syntaxs programAgar program kita berjalan seperti yang kita harapkan yang terpenting adalah mengedit source code dari program kita agar fungsi-fungsi seperti reset, execute, exit dll dapat bekerja sesuai harpankita. caranya adalah dengan mengatur pada call back masing-masing kontrol.
caranya adalah dengan mengklik kanan pada komponen yang ingin kita beri fungsi view callback -> callback

  • Sinus
    Di fungsi sinus kita tambahkan kode berikut
    set(handles.cosinus,'Value',0);
    pilih = 1;
    handles.pilih=pilih;
    guidata(hObject,handles)
  • cosinus
    Pada Cosinus juga ditambahkan kode yang hampir sama dengan nomer 1,
    set(handles.sinus,'Value',0);
    pilih = 2;
    handles.pilih=pilih;
    guidata(hObject,handles)
  • ExecuteProgram
    untuk menghitung nilai yang dihasilkan Pada fungsi ini ditambahkan kode berikut :
    A=str2num(get(handles.edit1, 'string')); %mengambil nilai pada edit1
    F=str2num(get(handles.edit2, 'string')); %mengambil nilai pada edit2
    theta=str2num(get(handles.edit3, 'string')); %mengambil nilai pada edit3
    t=-3/F:1/50/F:3/F; %membangkitkan sumbu t


    pilih=handles.pilih %berhubungan dg pilihan pada radiobutton
    switch handles.pilih
    case 1 %jika radiobutton1 yang ditekan
    y=A*sin(2.*pi.*F.*t+theta); %maka menghitung nilai sinus
    case 2 %jika radiobutton2 yang ditekan
    y=A*cos(2.*pi.*F.*t+theta); %maka menghitung nilai cosinus
    end

    axes(handles.axes1); %ditampilkan ddi axes1
    a=0; %membuat garis, seperti sumbu x dan sumbu y
    plot(t,y,'r'); %menampilkan hasil perhitungan
    xlabel('detik');ylabel('Amplitudo');
    xlim([min(t) max(t)]);
    grid on
  • reset
    untuk mereset seperti pada awal program dijalankan, caranya adalah mengosongkan masing-masing inputan. Yang string dibuat null dan yang berisi value di beri nilai 0
    set(handles.edit1 , 'string', ''); %mengosongkan string pada edit1
    set(handles.edit2, 'string', ''); %mengosongkan string pada edit2
    set(handles.edit3, 'string', ''); %mengosongkan string pada edit2
    set(handles.cosinus,'Value',0);
    set(handles.sinus,'Value',0);
    axes(handles.axes1);
    plot(0);
  • exit
    untuk keluar program kita tambahkan fungsi close();
d. Run Program 
Setelah semuanya selesai kemudian kita Run program dengan cara mengklik tombol RUN, setelah itu kita coba isikan nilainya apakah program berjalan dengan baik. jika belum maka di perbaiki lagi sampai hasilnya seperti ini :

Gambar sisip 6Gambar 5. Hasil akhir

2 komentar: