OOP (Object Oriented Programing) | Error Code | be a true student

Pages

Subscribe:
No.ProdukBeli
1. Beli... klik di sini

Rabu, 02 Januari 2013

OOP (Object Oriented Programing)

OOP (Object Oriented Programing) atau pemrograman berorientasi objek adalah konsep dari suatu pemrograman yang menganggap semuanya adalah objek. Kita memandang suatu masalah yang nanti temen temen mau buat programnya segala entitasnya adalah objek.
Pada matakuliah OOP saya mempelajarinya dengan menggunakan bahasa JAVA ayo kita ngopi.
Tentang Objek
Objek adalah representasi sebuah item, unit, atau entitas individu yang dapat di identifikasi baik real maupun abstrak. Maksudnya segala sesuatu yang dapat kita rinci masing-masing komponen atau apapun itu dapat dikatakan sebagai objek. 
Dalam Objek terdapat dua komponen yaitu Atribut dan Operasi. Atribut adalah data dalam sistem maksudnya yang melekat pada suatu objek itu disebut atribut. Misal objeknya adalah manusia, manusia mempunyai atribut tangan, baju, kaki, jenis kelamin, rambut dan lain lain. Sedangkan Operasi adalah fungsi yang dipunyai oleh objek tersebut, fungsi ini sering disebut method. Sekarang kita sebut fungsi dengan method ya?. Contoh Method yang dimiliki oleh objek Manusia adalah Makan, Berjalan, Berlari, Menulis dan lain sebagainya. 
beberapa kegunaan Method di antaranya :

  1. Dapat memanipulasi atribut dalam sebuah kelas
  2. Dapat memanggil operasi lain dalam kelas yang lain
  3. Mengirim dan menerima informasi/pesan sebagai parameter.


sudah jelas sampai disini??

oke kita lanjut.

Sekumpulan objek-objek yang sama disebut kelas (class). Semua objek dalam suatu kelas memiliki atribut dan operasi yang sama, tetapi nilai atribut dapat berbeda. Suatu objek tertentu merupakan instance sebuah kelas. Instance adalah buatan dari class, misalnya kit membuat object macan dari class hewan.


Dunia terbuat/tersusun atas objek. Kita tahu tentang objek memiliki attributes. Kita dapat melakukan sesuatu pada objek yaitu karena memiliki operations/Method. Kadang melakukan sesuatu pada objek untuk mengubah atribut-nya. Objek dapat terbuat dari objek yang lebih kecil.Kita dapat mengerti objek besar dengan mengerti bagian-bagian pembentuknya. Objek bekerjasama dengan objek lain untuk mencapai suatu maksud / tujuan.


  1. Dunia terbuat/tersusun atas objek..
    -BUKU
  2. Kita tahu tentang objek (attributes)
    -Judul, pengarang, jumlah halaman, ukuran, ISBN
  3. Kita dapat melakukan sesuatu pada objek
    -Merobek halaman, membacanya
  4. Kadang melakukan sesuatu pada objek mengubah atribut-nya..
    -Mengurangi jumlah halaman, merubah harga, 
  5. Objek terbuat dari objek-objek yang lebih kecil
    -Halaman, cover, index
  6. Kita dapat mengerti objek besar dengan mengerti bagian-bagian pembentuknya..
    -Perpustakaan, periodical, jurnal, buku, e-media
  7. Objek bekerjasama dengan objek lain untuk mencapai suatu maksud / tujuan
    -Pengarang, penerbit, pembaca, buku, perpustakaan

Pada konsep OOP bahwa kita menganggap segala sesuatu adalah objek. Jika kita membuat sistem maka pandangan kita adalah suatu sistem tersebut terbentuk dari kumpulan beberapa objek yang saling berinteraksi. 
Sifat dari OOP adalah modularity. Objek ditulis dan di mainten terpisah dari objek lain. Contoh objek Mobil, Mobil adalah kumpulan sistem pengapian, sistem kemudi, sistem  pengereman.

Pada Konsep OOP ada tiga sifat yang dimiliki yaitu
  1. Encapsulation
    Konsep OOP adalah penyembunyian, maksudnya user tidak perlu tau kerumitan dari susunan sistem tersebut, user hanya cukup tau cara untuk menggunakan sistem tersebut. Contoh AC. AC memiliki operasi / Method ON, OFF dan Pengatur suhu AC. User hanya cukup tahu bagaimana Meng-ON kan AC ataupun meng-OFF kan, user tidak perlu tahu apa yang terjadi dibalik semua itu.
  2. Inheritance
    Konsed ini adlah bahwa suatu objek dapat memiliki atau mewarisi seluruh atribut maupun operasi yang dimiliki oleh suatu objek lain yang lebih besar. misalnya objek Bicycle turunannya adalah mountain bike, Racing bike, tandem bike.
  3. Polymorphism
    Konsep ini adalah objek memiliki banyak bentuk namun memiliki bagian pola yang sama . Misalnya Class bentuk, suatu bentuk memiliki luas, yang termasuk dari class bentuk adalah Lingkaran, persegi, segitiga dll, semua itu memiliki LUAS.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar